22 Mrt. 2013

PENDIDIKAN DI KABUPATEN PANIAI BELUM MEMADAI


Posted By Rina

Written By RASUDOFM DOGIYAI on Kamis, 29 November 2012 | 00.22

Pemuda papua Decky Gobay (foto SA)

Sejak terbentuknya pemerintahan paniai hingga sekarang ini tidak pernah ada upaya-upaya yang di lakukan oleh pemerintah untuk mengatur dan menata dalam melengkapi dan memenuhi kebutuhan sarana dan perasarana pendidikan di kabupaten Paniai alias tidak memadai


Masyarakat Paniai merasa prihatin atas tidak adanya rasa kepedulian pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan sarana dan perasana pendidikan karena masyarakat tahu bahwa sarana dan perasarana adalah alat pendongkrak utama untuk memajukan dan membangkitkan gairah kemajuan kearah perubahan dan inovasi pendidikan di Kabupaten Paniai. Namun tidak begitu demikian rillnya, yang telah sedang masyarakat bayangkan.

 
Belum memadainya fasilitas fisik yakni Gedung sekolah yang kurang jumlahnya, tata ruang tidak teratur, model bangunan yang tidak seimbang dengan kondisi linkungan dan lokasi sekolah yang tidak memadai, ukuran lokasi yang kecil atau sempit, juga karena bentuk lokasi sekolah yang tidak menentukan serta fasilitas dalam sekolah yang tidak memadai atau kurangnya fasilitas sekolah yakni computer, mesin type, serta perabot dalam lainnya. Sehingah munculnya , masalah disintegrasi social anrara Guru- Guru itu sendiri serta ketidak efektik dalam proses belajar dan mengajar, juga merasa ketidak nyaman dengan kondisi lokasi sekolah yang ada. 

 
Untuk itu, pemerintah memberikan peratihan yang serius terhadap perlengkapan fasilitas sekolah baik itu Sekolah dasar hingga perguruan tinggi agar dalam proses menjalankan roda pendidikan daerah dapat berjalan aman dan lancar sesuai keinginan masyarakat berkebutuhan serta pihak-pihak yang berkepentingan dalam menjalankan roda pendidikan di kabupaten Paniai .

 
Kurangnya sumbar daya manusia atau tenaga-tenaga pengajar yakni Guru SD, Guru SMP, Guru SMA serta Dosen-Dosen di tingkat perguruan tinggi, juga kuranngya, Asisten-asisten sekolah baik itu sekolah dasar hingga perguruan tinggi, sehingah telah berdampak tidak efisien dan efektifnya untuk menjalankan roda pendidikan di kabupaten Paniai. Untuk itu, dalam hal pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia maka, pemerintah daerah harus meniapkan biaya pelatihah pengembangan guru dan dosen dalam mengembangkan kemampuan metode menjagar yang berbasis kompetensi yang kesinambungan secara kontinue  

 
salah satu masalah besar yang ada di tengah-tengah masyarakat Paniai adalah menampungnya dan meningkatnya angka penganggurang ,juga jumlah masyarakan yang ingin mau berkarir di suatu bidang letertentu tetapi pemerintah daerah tidak ada peratihan serius terhadap kondisi masyarakat, dalam hal upaya pemerintah untuk mendirikan lembaga pendidikan informal agar masyarakat bebas berpendidikan dan berkarir di suatu bidang tertentu sehinga otomatis masyarakat merasa memiliki dan rasa percaya diri dengan kemampuanya untuk menerapkan dalam menciptakan dan mengembangkan usahanya sendiri.

 
Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Paniai harus mengedepankan memberdayaan sumber daya manusia di bidang pendidikan dengan jalan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan baik itu lembaga pendidikan formal maupun informal, juga pemerintah bukan saja mendirikan lembaga pendidikan tetapi juga harus pemerintah mengambil suatu kebijakan khusus untuk menetapkan dan menyediakan biaya pendidikan dalam hal pemberdayaan dan pengembangan sumberdaya manusia profesional yang siap pakai di daerah itu sediri.
Satu kelemahan besar yang ada di Kabupaten Paniai adalah tidak adanya kepedulian pemerintah, juga maupun dari dinas pendidikan Kabupaten Paniai dalam pengawasan dan pengontrolan terhadap seluruh lembaga pendidikan yang ada ,sehinga roda pendidikan kabupaten Paniai menjadi berantakan. Untuk itu, pemerintah Panai harus mengambil suatu strategi kebijakan untuk pengawasan dan pengontrolan terhadap seluruh lembaga pendidikan yang ada. Dengan akan adanya kebijakan itu dapat menjalankan roda pendidikan secara aman dan lancer serta meningkatkan kualitas pendidikan daerah agar masyakarakat akan menjadi manusia-manusia pembelajar yang berkempuan serta siap mengadapi dunia persaingan, juga dunia global yang kian tidak sahabat di akhir zaman ini. Pentingnya meningkatkan mutuh Pemberdayaan manusia dari daerah karena sumber daya manusia dapat dipandang sebagai aset terpenting untuk mamajukan pendidikan dari dalam daerah itu sendiri. (By : Decky Gobay- Solo/SA)

0 komentar:

Plaas 'n opmerking